21.02.21    Avyakt Bapdada     Indonesian Murli     06.11.87     Om Shanti     Madhuban


Cara untuk Menjadi Pelayan Konstan adalah Melakukan Empat Jenis Pelayanan


Hari ini, Sang Ayah, Sang Pemberkah Dunia, Sang Pelayan Dunia, sedang melihat semua anak pelayan dunia yang bekerja sama. Di samping menjadi yogi alami yang konstan, sejauh mana tiap-tiap anak juga menjadi pelayan yang konstan? Dalam kehidupan Brahmana Anda, keseimbangan antara ingatan dan pelayanan membuat Anda terus-menerus layak menerima berkah-berkah dari BapDada dan semua jiwa Brahmana yang luhur. Hanya pada zaman peralihan ini, dan dalam kehidupan Brahmana ini, Anda bisa menerima berkah dari Tuhan dan keluarga Brahmana. Inilah sebabnya, dalam kehidupan yang singkat ini, Anda dengan mudah menerima semua pencapaian untuk sepanjang masa. Zaman peralihan ini bisa disebut sebagai zaman berkah-berkah yang istimewa; inilah sebabnya, zaman ini juga disebut sebagai zaman yang agung. Berdasarkan tiap perbuatan luhur dan tiap pikiran luhur, Sang Ayah sendiri terus-menerus memberikan berkah dari hati Beliau kepada setiap anak Brahmana. Kehidupan Brahmana ini adalah kehidupan di mana Anda bertumbuh dengan pemeliharaan berkah-berkah dari Tuhan. Dengan hati terbuka, Sang Ayah, Tuhan Yang Polos, sedang memberikan celemek yang terisi penuh dengan semua berkah kepada Anda anak-anak. Akan tetapi, dasar untuk menerima semua berkah ini adalah keseimbangan antara ingatan dan pelayanan. Jika Anda seorang yogi yang konstan, berarti Anda juga merupakan pelayan yang konstan. Apakah nilai penting dari pelayanan selalu tersimpan dalam intelek Anda?

Ada beberapa anak yang berpikir bahwa hanya ketika mereka mendapatkan peluang, sarana, atau waktu untuk melakukan pelayanan, barulah mereka bisa melakukan pelayanan. Akan tetapi, sebagaimana BapDada memungkinkan Anda untuk mengalami ingatan secara konstan dan mudah, demikian juga pelayanan bisa dilakukan dengan konstan dan mudah. Jadi, hari ini, BapDada sedang melihat catatan kemajuan pelayanan dari anak-anak pelayan. Sebelum Anda menjadi pelayan yang konstan, Anda tidak bisa menjadi berpengalaman dalam menerima berkah-berkah untuk sepanjang waktu. Sebagai contoh, ketika Anda melakukan pelayanan sesuai dengan waktu, sesuai dengan kesempatan, atau sesuai dengan program, maka sebagai hasil dari pelayanan itu, Anda menerima kesuksesan dan berkah dari Sang Ayah dan keluarga, tetapi itu tidak untuk sepanjang waktu. Oleh sebab itu, karena menerima berkah-berkah tersebut, Anda kadang mengalami kemajuan yang mudah dalam diri Anda dan pelayanan. Akan tetapi, pada kesempatan yang lain, karena tidak ada keseimbangan antara ingatan dan pelayanan yang konstan, Anda mengalami kesuksesan setelah harus bekerja keras untuk mencapainya. Hari ini, Baba memberi tahu Anda tentang bagaimana Anda bisa menjadi pelayan yang konstan dan nilai penting dari pelayanan tersebut.

Sepanjang hari, Anda bisa melakukan berbagai macam pelayanan yang berbeda. Dalam hal itu, pelayanan pertama adalah melayani diri sendiri, yaitu: selalulah memberi perhatian kepada diri Anda dalam upaya menjadi komplet dan sempurna. Anda harus membuat diri Anda lulus dengan pujian dalam semua mata pelajaran utama studi ini. Anda harus menjadi perwujudan pengetahuan, perwujudan ingatan, dan perwujudan dharna; Anda harus menjadikan diri Anda komplet dalam segala bidang. Biarlah pelayanan terhadap diri sendiri ini selalu tersimpan dalam intelek Anda. Pelayanan terhadap diri sendiri memungkinkan Anda untuk melayani melalui wujud sempurna Anda, dengan sendirinya. Akan tetapi, metode untuk itu adalah memberi perhatian dan memeriksa; Anda harus memeriksa diri sendiri, bukan orang lain. Pelayanan kedua adalah pelayanan dunia, yang Anda lakukan dengan berbagai cara dan dengan bermacam-macam metode, melalui perkataan dan juga melalui hubungan dan koneksi. Anda sudah mengenal semua ini dengan sangat baik. Pelayanan ketiga adalah pelayanan yagya, yang Anda lakukan menggunakan uang dan badan Anda.

Pelayanan keempat adalah pelayanan dengan mental Anda. Di mana pun Anda tinggal, Anda bisa melayani banyak jiwa dengan perasaan suci, restu luhur, sikap luhur, dan vibrasi luhur Anda. Cara untuk melakukan ini adalah dengan menjadi mercusuar dan menara kekuatan. Dari satu lokasi, mercusuar bisa menjangkau tempat yang sangat jauh. Demikian juga, dari satu tempat, Anda bisa menjadi instrumen untuk melayani banyak jiwa. Jika Anda telah mengumpulkan harta berbagai kekuatan dalam jumlah besar, Anda mampu melakukan ini dengan mudah. Tidak perlu menyediakan fasilitas fisik, peluang, atau waktu untuk ini. Anda hanya perlu memenuhi diri dengan cahaya dan kekuatan. Biarlah mental dan intelek Anda senantiasa bebas dari pikiran sia-sia. Biarlah mental dan intelek Anda dengan mudah menjadi perwujudan mantra “Manmanabhav”. Keempat jenis pelayanan ini bisa menjadikan Anda pelayan yang konstan. Dengan memiliki keempat jenis pelayanan ini, Anda bisa terus melakukan segala macam pelayanan setiap saat, dan Anda akan menjadi pelayan yang konstan dengan mudah. Selain itu, karena Anda terus-menerus sibuk melakukan pelayanan, dan tetap sibuk setiap saat, Anda akan dengan mudah menjadi penakluk Maya. Dari keempat jenis pelayanan ini, lakukanlah pelayanan apa pun yang bisa Anda lakukan, kapan pun. Akan tetapi, jangan pernah berhenti melakukan pelayanan bahkan sedetik pun. Anda harus menjadi pelayan sepanjang 24 jam. Anda bukan seorang yogi atau pelayan hanya untuk delapan jam, melainkan pelayan yang konstan. Bukankah ini mudah? Terutama, melayani diri sendiri itu bagus. Dalam segala kesempatan, Anda bisa melakukan pelayanan ini kapan pun.

Karena kondisi badan mereka, atau karena tidak punya waktu, beberapa anak mengira bahwa mereka tidak mampu melakukan pelayanan. Akan tetapi, dari keempat jenis pelayanan ini, jika Anda terus menyibukkan diri dalam pelayanan mana pun, sebagaimana memungkinkan, Anda mengumpulkan nilai dalam mata pelajaran pelayanan, dan nilai ini akan ditambahkan ke hasil akhir Anda. Sama seperti nilai terkumpul untuk mereka yang melayani dengan perkataan, demikian juga pelayanan untuk yagya, pelayanan untuk diri sendiri, dan pelayanan dengan mental sama-sama penting, dan Anda akan mengumpulkan nilai sama banyaknya dari pelayanan mana pun. Ada jumlah nilai yang sama untuk setiap jenis pelayanan. Akan tetapi, mereka yang melakukan keempat jenis pelayanan ini, mengumpulkan banyak nilai. Mereka yang hanya melakukan satu atau dua jenis pelayanan, mengumpulkan nilai sesuai dengan itu. Meskipun demikian, bahkan seandainya Anda tidak mampu melakukan keempat jenis pelayanan ini, melainkan hanya bisa melakukan dua jenis pelayanan, Anda juga bisa menjadi pelayan yang konstan, dan karena Anda konstan, nilai Anda juga bertambah. Inilah sebabnya, kehidupan Brahmana berarti menjadi pelayan yang konstan dan yogi alami.

Sebagaimana Anda memberi perhatian untuk terus-menerus mengingat Baba dan memastikan bahwa mata rantai ingatan terus-menerus ditempa, demikian juga, biarlah mata rantai pelayanan juga terus-menerus ditempa. Anda mengalami berbagai tahapan dalam ingatan: kadang tahapan benih, kadang wujud malaikat, kadang mengaduk pengetahuan, kadang percakapan dari hati-ke-hati, dan sekalipun Anda mengalami berbagai tahapan yang berbeda, Anda memperhitungkannya sebagai ingatan yang konstan dalam mata pelajaran ingatan. Demikian juga, ada berbagai wujud pelayanan yang berbeda-beda, karena kehidupan tanpa melakukan pelayanan bukanlah kehidupan. Biarlah ada ingatan dalam setiap hela napas dan pelayanan dalam setiap hembusan napas. Ini disebut keseimbangan. Hanya dengan demikian, Anda akan terus-menerus mengalami menerima berkah pada setiap saat dan suara yang secara alami dan terus-menerus muncul dari dalam hati Anda adalah bahwa Anda dipelihara oleh berkah. Anda terbang dengan berkah-berkah dalam pengalaman tahapan terbang. Anda akan terbebas dari bekerja keras dan bertempur. Anda akan terbebas dari pertanyaan “Apa?”, “Mengapa?”, dan “Bagaimana?” serta senantiasa berbahagia. Anda akan terus-menerus mengalami kesuksesan sebagai hak lahir Anda. “Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Saya tidak tahu apakah bisa sukses atau tidak. Saya tidak tahu apakah saya mampu melanjutkan di masa depan atau tidak.” Hanya ketika pikiran “saya tidak tahu …” ini ditransformasi, barulah Anda akan mengalami tahapan master trikaldarshi. Anda akan terus-menerus memiliki keyakinan dan intoksikasi bahwa kemenangan sudah terjamin. Ini adalah tanda-tanda berkah. Apakah Anda paham?

Dalam kehidupan Brahmana, di zaman yang agung ini, jika Anda harus bekerja keras setelah mengklaim hak atas BapDada, jika Anda terus-menerus menghabiskan hidup Anda dalam tahapan bertempur … BapDada tidak rela melihat kehidupan penuh kerja keras dalam diri Anda anak-anak. Inilah sebabnya Anda harus menjadi yogi yang konstan dan pelayan yang konstan. Apakah Anda mengerti? Achcha.

Harapan anak-anak yang lebih tua telah terpenuhi, bukan? Selamat kepada anak-anak serviceable yang melakukan pelayanan untuk menyediakan air dan memberikan kerja sama mereka, siang dan malam, demi memenuhi harapan banyak anak. Anda telah menjadi penakluk tidur sekaligus penakluk unsur alam. Jadi, ucapkan terima kasih kepada semua pelayan dari Madhuban, karena mereka telah membuat rencana, mengantarkan air, menyambut orang lain dengan ramah, menyediakan akomodasi yang nyaman, dan menyiapkan makanan tepat pada waktunya untuk siapa pun yang menjadi instrumen untuk berbagai jenis pelayanan yang berbeda-beda. BapDada selalu menyampaikan terima kasih. Dunia menjerit, memohon air, sedangkan anak-anak Baba menjalankan tugas mereka dengan begitu mudah. BapDada terus melihat pelayanan dari semua anak yang serviceable. Para penghuni Madhuban telah menjadi instrumen dan memungkinkan Anda untuk menerima kesempatan dengan begitu nyaman. Anda juga telah menjadi bekerja sama, bukan? Sama seperti orang-orang itu telah menjadi bekerja sama dan Anda menerima buah dari itu, demikian juga, jika Anda semua terus maju dengan cara yang sama, sesuai dengan waktu, dalam setiap tugas, banyak Brahmana yang lain akan terus menerima buah dari kerja sama Anda.

BapDada tersenyum. Sungai-sungai susu akan mengalir di zaman emas, tetapi setidak-tidaknya, air di zaman peralihan telah menjadi seperti ghee (nilainya). Sungai-sungai ghee mengalir melalui keran. Air telah menjadi seperti ghee, jadi itu menjadi tak ternilai harganya, bukan? Dengan demikian, banyak orang akan diberi kesempatan. Akan tetapi, ada perbedaan yang sedemikian besar antara dunia dan Anda, para Brahmana. Anda semua memiliki jauh lebih banyak kenyamanan dibandingkan orang-orang di berbagai tempat lain, dan Anda menerima latihan ini. Oleh sebab itu, teruslah meningkatkan latihan untuk menjadi orang yang memahami makna penting dari semua rahasia, dan tetaplah bahagia dalam segala situasi. Achcha.

Kepada semua jiwa luhur yang senantiasa yogi, senantiasa melayani, kepada semua anak yang selalu trikaldarshi dan mengalami hak atas kesuksesan, kepada jiwa-jiwa luhur yang terus-menerus bahagia dan puas, kepada anak-anak yang mengalami berkah pada setiap detik … cinta kasih, salam, dan namaste dari BapDada, Sang Pemberkah Keberuntungan dan Sang Pemberkah Berkah.

Kepada Dadiji: Anda telah memiliki suatu pikiran, dan semua jiwa menerima buah dari pikiran luhur itu. Anda sekarang menerima begitu banyak kalung bunga berkah. Bersama dengan pujian Sang Ayah, orang-orang juga menyanyikan pujian tentang mereka yang menjadi instrumen. Inilah sebabnya, anak-anak juga dipuja bersama Sang Ayah; Beliau tidak dipuja sendirian. Semua orang menerima begitu banyak kebahagiaan. Kalung-kalung bunga berkah ini memberi Anda hak untuk menerima kalung-kalung bunga di jalan pemujaan.

Avyakt BapDada bertemu dengan beberapa grup:

1. Anda semua, jiwa-jiwa luhur, memuaskan dahaga semua orang, bukan? Itu adalah air fisik, sedangkan Anda memiliki nektar pengetahuan. Air memuaskan dahaga Anda untuk sementara waktu dan menjadikan Anda jiwa yang puas. Jadi, Anda telah menjadi instrumen untuk memuaskan semua jiwa dengan nektar, bukan? Apakah Anda selalu memiliki antusiasme ini? Memuaskan dahaga seseorang merupakan amal yang besar. Mereka, yang memuaskan dahaga dari jiwa-jiwa yang haus, disebut sebagai jiwa-jiwa dermawan. Anda juga menjadi jiwa-jiwa dermawan yang agung dan memuaskan dahaga semua jiwa. Orang-orang menjadi putus asa ketika mereka kehausan. Jika tidak mendapatkan air, mereka tentu menjadi sangat berputus asa, bukan? Demikian juga, karena tidak menerima nektar pengetahuan, jiwa-jiwa menjerit dalam penderitaan dan keresahan. Jadi, Anda adalah jiwa-jiwa dermawan yang memberi mereka nektar pengetahuan dan memuaskan dahaga mereka. Dengan demikian, bukankah Anda menabung dalam rekening amal Anda untuk banyak kelahiran? Dalam satu kelahiran, Anda menabung dalam rekening Anda untuk banyak kelahiran, bukan? Jadi, sudahkah Anda menabung sebanyak ini? Anda telah menjadi begitu penuh dengan semua harta, sehingga Anda mampu membagi-bagikannya kepada orang lain. Anda telah mengumpulkan untuk diri sendiri dan juga menjadi pemberkah yang memberi kepada orang lain. Jadi, selalulah memeriksa: Sudahkah saya menjadi jiwa dermawan sepanjang hari? Sudahkah saya melakukan perbuatan amal, atau apakah saya hanya makan, minum, dan bergembira? Mereka yang menabung disebut bijak, sedangkan mereka yang mencari uang kemudian menghabiskannya, disebut tidak bijak. Sebagaimana Anda meluangkan waktu untuk makan, karena Anda tahu bahwa itu penting, demikian pula, melakukan perbuatan amal ini juga penting. Jadi, Anda selalu menjadi jiwa dermawan, bukan hanya sesekali; bukan berarti bahwa Anda akan melakukan ini jika ada kesempatan, melainkan Anda harus mengambil kesempatan itu. Bukan berarti bahwa Anda tidak punya waktu, melainkan Anda harus meluangkan waktu; hanya dengan demikian, Anda bisa menabung. Pada saat ini, Anda bisa menggambar garis keberuntungan Anda sepanjang yang Anda inginkan, karena Sang Ayah adalah Sang Pemberkah Keberuntungan dan Sang Pemberkah Berkah. Beliau telah memberi anak-anak-Nya pena pengetahuan yang luhur. Dengan pena ini, Anda bisa menggambar garis Anda sepanjang yang Anda inginkan. Achcha.

2. Anda semua raja rishi, bukan? Raja berarti orang yang memiliki hak, sedangkan rishi berarti seorang tapaswi. Kekuatan tapasya adalah sarana bagi Anda untuk melakukan transformasi dengan mudah. Dengan cinta kasih kepada Tuhan, Anda bisa membuat diri Anda dan dunia terbebas dari rintangan untuk sepanjang masa. Terbebas dari rintangan dan membebaskan orang lain dari rintangan – inilah pelayanan yang Anda lakukan, bukan? Anda adalah jiwa-jiwa yang membebaskan semua jiwa dari segala macam rintangan. Anda adalah jiwa-jiwa yang mengklaim berkah jeevan mukti dari Sang Ayah dan memberikannya kepada orang lain, bukan? “Bebas dari rintangan” berarti bebas dalam hidup (jeevan mukti).

3. Ketika seorang anak memiliki keberanian, Sang Ayah membantunya. Ketika Anda anak-anak memiliki keberanian, Anda selalu menerima bantuan berjuta-juta kali lipat dari Baba. Beban itu ditanggung oleh Baba, tetapi Anda harus menjadi wali dan terus-menerus melangkah maju dengan mengingat Beliau. Ingatan Baba adalah payung perlindungan. Rekening masa lalu sebesar salib, tetapi dengan bantuan Baba, itu menjadi sekecil duri. Berbagai situasi sulit pasti akan datang, karena segala sesuatu harus dilunasi di sini. Akan tetapi, bantuan Baba menjadikan segala sesuatu seperti duri. Bantuan Baba mengubah hal besar menjadi kecil, karena Sang Ayah Yang Maha Besar menyertai Anda. Milikilah keyakinan yang konstan, maka Anda akan terus melangkah maju. Jadilah wali pada setiap langkah. Seorang wali mengatakan bahwa segala sesuatu adalah “milik-Mu”, sehingga semua kesadaran tentang “milik saya” berakhir. Seorang kepala rumah tangga mengatakan “milik saya”. Namun, jika Anda mengatakan “milik-Mu”, situasi yang besar pun menjadi kecil, sedangkan jika Anda mengatakan “milik saya”, bahkan hal kecil pun menjadi besar. Kesadaran “milik-Mu” menjadikan Anda ringan, sedangkan kesadaran “milik saya” menjadikan Anda berat. Oleh sebab itu, apabila Anda merasa diri berat, periksalah apakah ada kesadaran “milik saya” atau tidak. Ubahlah “milik saya” menjadi “milik-Mu”, maka Anda akan merasa ringan, saat itu juga, dan semua beban berat Anda akan berakhir dalam sedetik.

Berkah:
Semoga Anda menjadi sosok yang memberikan berkah dan secara khusus dikasihi oleh semua orang karena keistimewaan kepuasan batin serta keagungan Anda.

Hanya mereka, yang selalu tetap puas terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain, bisa menjadi dewa-dewi yang dikasihi secara khusus dan menjadi bagian dari delapan dewa-dewi istimewa. Anda bisa menyebut kepuasan batin sebagai kebajikan luhur terbesar, donasi, keistimewaan, atau keagungan. Hanya jiwa-jiwa yang memiliki kepuasan batin, yang dikasihi oleh Tuhan, dikasihi oleh orang lain, dan dikasihi oleh diri sendiri. Jiwa-jiwa puas semacam itu dikenal sebagai jiwa-jiwa yang memberikan berkah. Sekarang, pada saat-saat terakhir, bahkan lebih dari melalui wujud donatur agung, lebih banyak pelayanan akan terjadi melalui wujud pemberi berkah.

Slogen:
Permata pemenang adalah jiwa yang terus-menerus memiliki tilak kemenangan berkilau di dahinya.